Langsung ke konten utama

TRANSPOR PADA MEMBRAN


MEKANISME TRANSPOR PADA MEMBRAN

Struktur membran sel
Membran sel atau membran plasma merupakan selaput yang membatasi isi sel dengan lingkungan sekitarnya. Membran sel tersusun atas molekul lipid dan protein (lipoprotein dan sedikit karbohidrat)
Struktur membran plasma dapat dijelaskan dengan model mozaik cair seperti gambar berikut :





Transpor Melalui Membran

Transpor melalui membran sel dapat berlangsung secara pasif (tidak memerlukan energi) dan transport aktif (membutuhkan energi)

Transpor pasif adalah transport ion, molekul, senyawa melwewati membran sel tanpa memerlukan energi. Mekanisme transport pasif melalui membran sel dapat berlangsung secara : difusi, yaitu proses pergerakan acak partikel-partikel (pelarut dan terlarut) dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah sehingga dihasilkan larutan yang bersifat homogen.Osmosis adalah difusi pelarut (air) melalui membran selektif permeabel dari konsentrasi pelarut tinggi / konsentrasi zat terlarut rendah (hipotonik) menuju konsentrasi pelarut rendah / zat terlarut tinggi (hipertonik)

Transpor pasif sangat dipengaruhi oleh konsentrasi larutan di sekitar sel. Pengaruh konsentrasi larutan di sekitar sel terhadap sel dapat dilihat pada tabel berikut :

Jenis sel

Hipotonik

Hipertonik

Sel tumbuhan

Air masuk ke dalam sel sehingga membengkak dan tekanan dalam sel maksimal sehingga (turgid)

Air keluar dari sel, membran sel lepas dari dinding sel (plasmolisis)

Sel hewan

Air masuk ke dalam sel sehingga membesar dan dapat pecah (lisis)

Air keluar dari sel, membran sel mengerut (krenasi)


Transport aktif adalah transpor ion, molekul dan senyawa melewati membran sel dimana transport berlangsung dengan melawan gradien konsentrasi, sehingga dibutuhkan energi. Mekanisme transport aktif dapat berlangsung dengan mekanisme protein kotranspor, pompa ion, eksositosis dan endositosis.

Kotranspor adalah transport aktif dari zat tertentu yang dapat menginisiasi transpor zat terlarut lainnya, misalnya glukosa atau asam amino akan ditransport masuk dalam sel mengikuti masuknya Natrium. Natrium yang masuk akibat perbedaan konsentrasi mengikutkan glukosa atau asam amino ke dalam sel, meskipun asam amino atau glukosa di dalam sel konsentrasinya lebih tinggi dari luar sel, tetapi asam amino atau glukosa ini memakai energi dari Na (akibat perbedaan konsentrasi Na). Sehingga glukosa atau asam amino ditransport secara transport aktif sekunder co-transport.


Pompa ion  adalah transpor ion melalui membran dengan cara melakukan pertukaran ion dari dalam sel dan luar sel. Misalnya pada proses masuknya ion Na ke dalam sel akan menyebabkan bahan lain ditransport keluar. Pada pertukaran ion Na-Ca , 3 ion Na akan ditransport kedalam sel untuk setiap 1 ion Ca yang ditransport keluar sel, hal ini untuk menjaga kadar Ca intrasel, khususnya pada otot jantung sehingga berperan pada kontraktiitas jantung. Pertukaran ion Na-H terutama berperan dalam mengatur konsentrasi ion Na dan Hidrogen dalam tubulus proksimal ginjal, sehingga turut mengatur pH dalam sel.
Transport partikel dan molekul besar dilakukan melalui pelipatan membran plasma atau pembentukan vesikula




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMBELAHAN MEIOSIS

Pernahkan kamu mengamati persamaan ciri yang ada di keluargamu? Apa saja persamaan yang anda temui? Darimana kesamaan itu diperoleh? Meiosis merupakan pembelahan pada sel kelamin (gamet/gonad). Meiosis juga disebut pembelahan reduksi, yaitu pembelahan sel induk diploid (2n) yang menghasilkan 4 sel anakan haploid (n). Meiosis berperan untuk menghasilkan gamet yang secara genetik tidak identik (hanya setengah dari induknya), sehingga menyebabkan adanya variasi genetik. Pada meiosis terjadi dua kali pembelahan yaitu meiosis I dan II tanpa diselingi interfase. Periode pembelahan meiosis I yang terdiri atas profase I, metafase I, anafase I, telofase I, dan diakhiri dengan sitokinesis I. Tahap Profase I merupakan tahap terpanjang dibandingkan tahapan lainnya pada meiosis I karena terdiri dari lima tahap, yaitu leptoten , zigoten, pakiten, diploten , dan diakinesis . Meiosis II juga berlangsung dalam empat tahap pembelahan, yaitu profase II, metafase II, anafase II, telofase II, dan diakhiri

Manfaatkan Sumber Belajar yang tersedia di Rumah Belajar

Sumber belajar Rumah Belajar adalah fitur yang menyajikan materi ajar untuk siswa dan guru berdasarkan kurikulum. Materi ajar  disajikan secara terstruktur dengan tampilan yang menarik. Apa saja sumber belajar di Rumah Belajar? Rumah Belajar menyediakan berbagai sumber belajar yang bisa digunakan secara online ataupun offline sehingga bisa digunakan oleh siapa saja kapan saja dan dimana saja. Konten audio maupun  video pembelajaran tersedia di Rumah Belajar yang bisa digunakan baik oleh peserta didik dari tingkat pendidikan dasar dan menengah. Video pembelajaran yang ada sangat bervariasi termasuk juga media pembelajaran yang interaktif sehingga menyenangkan untuk digunakan. Selain video terdapat juga buku sekolah elektronik dan berbagai media pembelajaran interaktif hasil karya guru-guru Indonesia. Sumber belajar Rumah Belajar dapat diakses melalui link https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/