Langsung ke konten utama

Penerapan Kelas Terbalik (Flipped classroom) dan Pemanfaatan fitur Rumah Belajar

Kelas terbalik (flipped classroom) adalah salahsatu strategi pembelajaran yang dilakukan dimana konten pembelajaran dipelajari oleh peserta didik ketika berada dirumah dan kemudian ketika berada di sekolah peserta didik dapat berdiskusi dan berbagi bersama guru dan teman-temannya ketika berada di sekolah. Dikatakan kelas terbalik karena biasanya peserta didik mempelajari konten atau isi materi yang akan dipelajari ketika berada di sekolah bersama teman-temannya kemudian ketika berada di rumah maka peserta didik akan melakukan projek atau apa yang ditugaskan oleh guru ketika berada di rumah.


Rumah Belajar menyediakan berbagai sumber belajar yang bisa digunakan oleh peserta didik ketika belajar di rumah dan setelah itu dapat membawa masalah-masalah yang dihadapi selama proses belajar ke sekolah untuk kemudian didiskusikan dengan guru dan teman lainnya. Misalnya ketika mempelajari tentang enzim katalase, setelah sebelumnya diberi pengantar untuk memahami kerja enzim katalase dalam kaitan dengan metabolisme peserta didik diberikan kesempatan untuk mencoba melakukan uji kerja enzim katalase di laboratorium maya Rumah belajar. Pertanyaaan-pertanyaan yang muncul ketika melakukan praktek tersebut akan di bawa ke kelas dan didiskusikan bersama dengan guru dan peserta didik lainnya.

Dengan pendekatan flipped classroom peserta didik diharapkan dapat berpikir secara kritis ketika mempelajari materi, berkolaborasi dengan teman lainnya ketika terkendala pemahaman terhadap materi yang dipelajari, berkomunikasi menyampaikan pemahamannya ketika dalam diskusi di kelas, serta menjadi aktif dan kreatif untuk menemukan cara-cara atau pendekatan baru dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi.

Penerapan dengan pendekatan flipped classroom selama pembelajaran secara tatap muka terbatas ini memiliki beberapa tantangan  seperti misalnya adanya peserta didik terbiasa menerima materi dari guru, bersifat pasif dan hanya menunggu penjelasan dari guru dan belum menggali atau mempelajari materi yang diberikan. ketika peserta didik melakukan praktek, pada akhirnya mengajukan banyak pertanyaan terkait hal-hal yang dilakukan. misalnya : mengapa di dalam tabung reaksi terdapat hati ? apakah saya bisa menggunakan sampel lain selain hati? mengapa ada bara api? dan lain-lain. Meskipun terdapat tantangan dalam menggunakan pendekatan seperti ini tetapi hasil yang dicapai adalah adanya peningkatan kemauan peserta didik untuk mau mengalami proses belajar.

Penggunaan fitur yang ada di Rumah Belajar dalam hal ini laboratorium maya dapat memberikan pengalaman bermakna yang memunculkan rasa ingin tahu peserta didik sehingga mau belajar dan mau berkomunikasi dan bekerjasama dengan teman mereka.  

Referensi

Bacaan : 

https://pusdatin.kemdikbud.go.id/flipped-classroom-sebagai-solusi-pembelajaran-tatap-muka-bergilir-pasca-pandemi/

https://sibatik.kemdikbud.go.id/inovatif/assets/file_upload/pengantar/pdf/pengantar_2.pdf

Gambar :

https://pusdatin.kemdikbud.go.id/flipped-classroom-sebagai-solusi-pembelajaran-tatap-muka-bergilir-pasca-pandemi/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMBELAHAN MEIOSIS

Pernahkan kamu mengamati persamaan ciri yang ada di keluargamu? Apa saja persamaan yang anda temui? Darimana kesamaan itu diperoleh? Meiosis merupakan pembelahan pada sel kelamin (gamet/gonad). Meiosis juga disebut pembelahan reduksi, yaitu pembelahan sel induk diploid (2n) yang menghasilkan 4 sel anakan haploid (n). Meiosis berperan untuk menghasilkan gamet yang secara genetik tidak identik (hanya setengah dari induknya), sehingga menyebabkan adanya variasi genetik. Pada meiosis terjadi dua kali pembelahan yaitu meiosis I dan II tanpa diselingi interfase. Periode pembelahan meiosis I yang terdiri atas profase I, metafase I, anafase I, telofase I, dan diakhiri dengan sitokinesis I. Tahap Profase I merupakan tahap terpanjang dibandingkan tahapan lainnya pada meiosis I karena terdiri dari lima tahap, yaitu leptoten , zigoten, pakiten, diploten , dan diakinesis . Meiosis II juga berlangsung dalam empat tahap pembelahan, yaitu profase II, metafase II, anafase II, telofase II, dan diakhiri

Manfaatkan Sumber Belajar yang tersedia di Rumah Belajar

Sumber belajar Rumah Belajar adalah fitur yang menyajikan materi ajar untuk siswa dan guru berdasarkan kurikulum. Materi ajar  disajikan secara terstruktur dengan tampilan yang menarik. Apa saja sumber belajar di Rumah Belajar? Rumah Belajar menyediakan berbagai sumber belajar yang bisa digunakan secara online ataupun offline sehingga bisa digunakan oleh siapa saja kapan saja dan dimana saja. Konten audio maupun  video pembelajaran tersedia di Rumah Belajar yang bisa digunakan baik oleh peserta didik dari tingkat pendidikan dasar dan menengah. Video pembelajaran yang ada sangat bervariasi termasuk juga media pembelajaran yang interaktif sehingga menyenangkan untuk digunakan. Selain video terdapat juga buku sekolah elektronik dan berbagai media pembelajaran interaktif hasil karya guru-guru Indonesia. Sumber belajar Rumah Belajar dapat diakses melalui link https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/

TRANSPOR PADA MEMBRAN

MEKANISME TRANSPOR PADA MEMBRAN Struktur membran sel Membran sel atau membran plasma merupakan selaput yang membatasi isi sel dengan lingkungan sekitarnya. Membran sel tersusun atas molekul lipid dan protein (lipoprotein dan sedikit karbohidrat)