Langsung ke konten utama

Penerapan Kelas Terbalik (Flipped classroom) dan Pemanfaatan fitur Rumah Belajar

Kelas terbalik (flipped classroom) adalah salahsatu strategi pembelajaran yang dilakukan dimana konten pembelajaran dipelajari oleh peserta didik ketika berada dirumah dan kemudian ketika berada di sekolah peserta didik dapat berdiskusi dan berbagi bersama guru dan teman-temannya ketika berada di sekolah. Dikatakan kelas terbalik karena biasanya peserta didik mempelajari konten atau isi materi yang akan dipelajari ketika berada di sekolah bersama teman-temannya kemudian ketika berada di rumah maka peserta didik akan melakukan projek atau apa yang ditugaskan oleh guru ketika berada di rumah.


Rumah Belajar menyediakan berbagai sumber belajar yang bisa digunakan oleh peserta didik ketika belajar di rumah dan setelah itu dapat membawa masalah-masalah yang dihadapi selama proses belajar ke sekolah untuk kemudian didiskusikan dengan guru dan teman lainnya. Misalnya ketika mempelajari tentang enzim katalase, setelah sebelumnya diberi pengantar untuk memahami kerja enzim katalase dalam kaitan dengan metabolisme peserta didik diberikan kesempatan untuk mencoba melakukan uji kerja enzim katalase di laboratorium maya Rumah belajar. Pertanyaaan-pertanyaan yang muncul ketika melakukan praktek tersebut akan di bawa ke kelas dan didiskusikan bersama dengan guru dan peserta didik lainnya.

Dengan pendekatan flipped classroom peserta didik diharapkan dapat berpikir secara kritis ketika mempelajari materi, berkolaborasi dengan teman lainnya ketika terkendala pemahaman terhadap materi yang dipelajari, berkomunikasi menyampaikan pemahamannya ketika dalam diskusi di kelas, serta menjadi aktif dan kreatif untuk menemukan cara-cara atau pendekatan baru dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi.

Penerapan dengan pendekatan flipped classroom selama pembelajaran secara tatap muka terbatas ini memiliki beberapa tantangan  seperti misalnya adanya peserta didik terbiasa menerima materi dari guru, bersifat pasif dan hanya menunggu penjelasan dari guru dan belum menggali atau mempelajari materi yang diberikan. ketika peserta didik melakukan praktek, pada akhirnya mengajukan banyak pertanyaan terkait hal-hal yang dilakukan. misalnya : mengapa di dalam tabung reaksi terdapat hati ? apakah saya bisa menggunakan sampel lain selain hati? mengapa ada bara api? dan lain-lain. Meskipun terdapat tantangan dalam menggunakan pendekatan seperti ini tetapi hasil yang dicapai adalah adanya peningkatan kemauan peserta didik untuk mau mengalami proses belajar.

Penggunaan fitur yang ada di Rumah Belajar dalam hal ini laboratorium maya dapat memberikan pengalaman bermakna yang memunculkan rasa ingin tahu peserta didik sehingga mau belajar dan mau berkomunikasi dan bekerjasama dengan teman mereka.  

Referensi

Bacaan : 

https://pusdatin.kemdikbud.go.id/flipped-classroom-sebagai-solusi-pembelajaran-tatap-muka-bergilir-pasca-pandemi/

https://sibatik.kemdikbud.go.id/inovatif/assets/file_upload/pengantar/pdf/pengantar_2.pdf

Gambar :

https://pusdatin.kemdikbud.go.id/flipped-classroom-sebagai-solusi-pembelajaran-tatap-muka-bergilir-pasca-pandemi/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TRANSPOR PADA MEMBRAN

MEKANISME TRANSPOR PADA MEMBRAN Struktur membran sel Membran sel atau membran plasma merupakan selaput yang membatasi isi sel dengan lingkungan sekitarnya. Membran sel tersusun atas molekul lipid dan protein (lipoprotein dan sedikit karbohidrat)

BIOTEKNOLOGI

Pendahuluan Bioteknologi sangat berperan dalam kehidupan manusia dan terus berkembang. Dengan Bioteknologi manusia mampu menciptakan teknologi-teknologi kreatif dan bermanfaat melalui biologi. Produknya yang beraneka ragam telah dimanfaatkan oleh manusia baik dibidang pertanian, peternakan, kedokteran, industri makanan, dan lain-lain.                                                                          sumber gambar : link.springer.com Sejarah Perkembangan Bioteknologi Bioteknologi secara sederhana sudah dikenal oleh manusia sejak ribuan tahun yang lalu. Sebagai contoh di bidang teknologi pangan adalah pembuatan bir, roti, maupun keju yang sudah dikenal sejak abad ke-19 adapula pemuliaan tanaman untuk menghasilkan varietas-varietas baru di bidang pertanian, serta pemuliaan dan reproduksi hewan. Di bid...

Belajar uji enzim katalase menggunakan Laboratorium Maya Rumah Belajar

Keterbatasan melakukan praktek laboratorium secara tatap muka diatasi dengan adanya penggunaan laboratorium maya yang ada di Rumah Belajar. Salahsatu fitur Rumah Belajar ini dapat membantu proses pembelajaran dari rumah ketika peserta didik tidak berkesempatan untuk melakukan praktek secara tatap muka ataupun ketika fasilitas laboratorium terbatas. Laboratorium maya Rumah Belajar menyediakan tempat dan kesempatan untuk terjadinya pembelajaran secara virtual antara guru dan peserta didik. Peserta didik dan guru dapat memanfaatkan fasilitas yang ada baik untuk belajar Fisika, Kimia ataupun Biologi. Pada mata pelajaran Biologi misalnya bisa menggunakan laboratorium maya dalam memahami kerja enzim katalase. Kita bisa memanfaatkan fitur lab maya dengan mengunjungi portal Rumah Belajar dan memilih fitur lab maya atau bisa juga langsung mengunjungi   https://vlab.belajar.kemdikbud.go.id sumber gambar :  https://vlab.belajar.kemdikbud.go.id/Experiments/enzymcatalase/#/ Memahami uji en...